Tutorial CorelDraw Fungsi Snap To

Posted by Blog Onny, Rifki Dan Agil Kamis, 17 Mei 2012 0 Comment
Desain Tutorial CorelDraw Fungsi Snap To digunakan untuk melekatkan objek pada objek lain. Tutorial desain ini dibuat agar belajar Corel Draw pemula bisa lebih memahami fungsi apa saja yang ada pada CorelDraw. Seperti biasa Tutorial CorelDraw ini dibuat step by step yang memudahkan untuk dipahami dan dipraktekkan.
Fungsi Snap To perlu diaktifkan pada kondisi yang menuntut kondisi pelekatan objek. Seperti pada saat membuat stempel, membuat ikon mengkilat, atau membuat logo dengan CorelDraw. Fungsi Snap akan terlihat ketika kita memindahkan objek menggunakan move tool. Biasanya akan terlihat warna biru atau muncul tulisan tertentu ( node, center, edge, midpoint, quadrant, grid dan lain-lain ) sebagai penanda snap tool sedang aktif. Ada beberapa snap yang disediakan oleh Coreldraw, diantarnya :
  1. Snap To Pixels
    Digunakan untuk melekatkan objek terhadap pixel / titik point / titik warna yang ada pada jendela kerja Corel
  2. Snap To Grid [ CTRL+Y ]
    Digunakan untuk melekatkan objek ke Grid. Grid bisa diatur dan diaktifkan, untuk mengatur grid Anda bisa klik Menu Customization [ CTRL+J ] pada tab Document, untuk melihat grid yang ada pada CorelDraw aktifkan Menu View > Grid. Artikel lebih lengkap mengenai pengaturan Coreldraw telah dibahas pada tutorial sebelumnya.
  3. Snap To Guidelines
    Digunakan untuk melekatkan ke Guideline ( garis bantuan ). Guideline ini bisa diaktifkan setelah Anda mengaktifkan ruler, caranya klik Menu View > Ruler. Nah, setelah itu klik mouse Anda pada ruler dan geser ke jendela kerja CorelDraw.
  4. Snap To Objects [ ALT+Z ]
    Digunakan untuk melekatkan objek ( shape kotak, shape lingkaran, shape, garis, gambar bitmap ) ke objek lain yang tentunya ada pada jendela kerja CorelDraw.
  5. Snap To Page
    Digunakan untuk melekatkan objek ke page, namun sayang fungsi ini kurang dijelaskan oleh pihak Corel Corp.
  6. Snap To Dynamic Guide [ ALT+SHIFT+D ]
    Digunakan untuk melekatkan objek ke temporer guideline. Dynamic guide pada dasarnya adalah guide line, namun ada secara otomatis tanpa kita harus membuatnya. Dynamic Guide dibuat berdasarkan hubungan / relasi antar objek atau garis. Contohnya ketika memindah objek 5 cm ke arah 45 derajat, maka Anda akan dibantu dengan teks yang ada secara otomatis pada Dynamic Guideline. Bisa dikatakan bahwa fungsi Dynamic Guideline adalah fngsi Guideline yang lengkap dan independen, karena tidak harus dibuat dulu guideline-nya.
Mengaktikan atau Mematikan Snap
Bisa diakses dengan beberapa cara seperti pada property bar, Menu View, dan ShortCut. Akses yang dilakukan bersifat toggle, yang artinya mengaktifkan dan mematikan fungsi snap tertentu menggunakan cara yang sama. Fungsi yang aktif ditandai dengan centang berwarna hijau.Tutorial CorelDraw Fungsi Snap
Pengaturan
Pengaturan snap tersedia dalam group sehingga semua snap ada disitu. Untuk mengatur snap silakan klik Menu View > Setup >. Nah setelah itu pilih salah satu dari :
Snap to Grid and RulerTutorial CorelDraw Fungsi Snap
Snap To GuidelineTutorial CorelDraw Fungsi Snap
Snap To ObjectsTutorial CorelDraw Fungsi Snap
Snap to Dynamic GuideTutorial CorelDraw Fungsi Snap
Proses Snapping
Seperti yang dijelaskan diatas, untuk mengetahui snap Anda harus memindah objek menggunakan move tool / pick tool, buat dulu objek terserah itu persegi atau lingkaran minimal dua objek. Anda dapat lihat hasil dari mengaktifkan snap.Tutorial CorelDraw Fungsi Snap
Kegunaan snap benar-benar dirasakan setelah Anda bekerja dengan objek yang banyak pada coreldraw. Proses editing dan olah objek akan benar-benar mudah dan menyenangkan. Fungsi snap ini juga merupakan salah satu yang membedakan kemudahan menggunakan Coreldraw dengan Illustrator, meski pada illustrator ada snap tetapi tidak selengkap dan semudah pada Coreldraw.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.
Bila ada yang ditanyakan silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.

0 Comment:

Poskan Komentar